Jumat, 11 Desember 2015

Jenis-jenis Komunikasi di Dunia Maya



Di zaman serba canggih ini, dunia maya tentu bukanlah menjadi hal yang asing lagi bagi kita. Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar frasa ‘dunia maya’? Apakah dunia yang secara kasat mata tidak nampak, namun dapat menyatukan berbagai orang melalui interaksi tidak langsung? Sebuah dunia teknologi komunikasi tanpa batas, yang membuat orang-orang lebih menyukainya, dibanding dunia nyata.
Dalam novel Neuromancer, William Gibson mendefinisikan dunia maya sebagai dunia lain yang terdiri dari banyak informasi dari perusahaan, militer, pemerintah, serta individual. Seseorang mengakses matriks informasi ini dengan alat elektronik yang dilengkapi dengan elektrode. Dalam pemakaian umum saat ini, dunia maya adalah istilah komprehensif untuk world wide web, internet, milis elektronik, kelompok-kelompok dan forum diskusi, ruang ngobrol (chatting), permainan interaktif multi-player, dan bahkan e-mail (Gibson, 1984).
Komunikasi dunia maya atau yang biasa disebut dengan komunikasi virtual adalah komunikasi (proses penyampaian dan penerimaan pesan) menggunakan cyberspace / ruang maya yang bersifat interaktif. Dalam hal ini, komunikasi virtual dapat berlangsung karena adanya media komunikasi, yakni internet. Melalui komunikasi virtual, hambatan-hambatan yang ada seperti jarak, waktu, biaya, serta kesulitan lainnya dapat teratasi. Hal ini dikarenakan internet sebagai media komunikasi virtual tidak terbatas ruangnya sehingga masyarakat luas dapat menyampaikan dan menerima informasi dengan bebas.
Internet menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain. Beberapa fasilitas yang dapat dimanfaatkan antara lain:
1.     Chatting
Chatting merupakan kata benda dari kata kerja chat (Bahasa Inggris) artinya ngobrol. Chatting dalam dunia internet artinya program yang tersedia yang digunakan untuk mengobrol atau berinteraksi via internet. Melalui fasilitas ini kita bisa mengobrol dengan siapapun dan dimanapun di seluruh dunia. Ada beberapa jenis komunikasi yang bisa dilakukan dengan program chatting ini, yaitu komunikasi lewat tulisan, suara, gambar, mengirim file dan pesan singkat. Selain itu, chatting bisa dilakukan berdua saja ataupun beramai-ramai. Untuk chatting dengan banyak orang, kita bisa memanfaatkan fasilitas chat room (Rusman, 2013).
Software yang menyediakan fasilitas chatting seperti Mirc dari Microsoft, Viizc, dan lainnya. Selain itu adapula aplikasi line, BBM, whatsapp, WeChat, KakaoTalk, dan-lain lain yang bisa diakses melalui smartphone.
2.     E-mail
E-mail merupakan kepanjangan dari electronic mail, dalam Bahasa Indonesia artinya surat elektronik. Surat elektronik adalah surat yang dibuat, dikirim dan diterima tidak dalam bentuk fisik berupa kertas akan tetapi dalam bentuk data elektronik yang dibuat, dikirim dan/atau diterima dalam bentuk data yang diolah dan dikirim menggunakan program aplikasi e-mail dengan memanfaatkan peralatan elektronik komputer dan jaringan internet. Ada beberapa aplikasi e-mail di antaranya Yahoo! Mail, Gmail, Hotmail, AOL, Sina, 126, 163, Daum dan sebagainya (http://dhimaz-ardiand.blogspot.co.id, 2011).
Jenis komunikasi dalam e-mail berbentuk asynchronous communications (komunikasi asinkronis), artinya pengirim pesan dan penerima pesan tidak berada pada tempat dan waktu yang bersamaan. Dengan demikian, proses komunikasinya mengalami jeda dalam penerimaan serta dalam feedback-nya. Level interaktif dalam proses komunikasi melalui e-mail termasuk rendah (Effendi, 2010).
3.     Mailing List (milis)
Mailing List digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi nitizen yang memiliki masalah dan topik yang sama melalui e-mail. Misalnya topik tentang pekerjaan, bisnis, pendidikan, hobi atau kelompok organisasi kemahasiswaan, HMJ KURTEK, BEM, HMI dan sebagainya. Salah satu penyedia mailing list (server) yang paling terkenal adalah Yahoo! (Akhmad, 2008).
Untuk bisa melakukan diskusi di milis atau mailing list, kita harus terdaftar terlebih dahulu di penyedia mailing list, misalnya di Yahoo! Groups. Kalau sudah terdaftar artinya kita sudah memiliki akses untuk masuk ke dalam kelompok-kelompok diskusi di mailing list yang sudah ada. Di sini kita bisa mengirim dan menerima pesan e-mail sesuai dengan tema diskusi tertentu.
Untuk membuat grup diskusi baru kita harus mendaftar pembentukan grup, lalu menentukan kategori tema diskusi terlebih dahulu. Apabila grup sudah terbentuk, kita bisa mengundang orang-orang yang memiliki keminatan yang sama atau yang tertarik dengan tema diskusi yang kita bentuk untuk menjadi teman atau anggota milis. Apabila sudah banyak pendaftar atau anggota kelompok yang bergabung, disini kita harus mengelola keberadaan para milis, diantaanya pengelolaan status anggota. Contoh ada yang berstatus sebagau member, moderator, atau sebagai owner.
4.     Facebook, Twitter, Ask.fm, Instagram, dan media sosial lainnya
Hampir semua remaja pada saat ini memiliki account facebook, twitter, ask.fm, instagram, dan sederet jejaring sosial lainnya. Media sosial di atas seringkali digunakan oleh para remaja untuk berkomunikasi, pencarian informasi, atau bahkan mencurahkan ekspresi diri.
Sebenarnya, keempat media sosial ini memiliki fungsi serta identitasnya yang hampir sama. Dalam pengunaannya, facebook merupakan media sosial yang sangat populer. Di dalam aplikasi ini terdapat profil, album foto, status, dan wall (kiriman dari orang lain yang berada pada wall profil orang tersebut). Sedangkan ask.fm adalah sebuah media sosial yang diperuntukkan bertanya dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang lain. Dalam aplikasi ini, terdapat istilah anonymous yang memungkinkan tidak dimunculkannya profil si penanya. Instagram, media sosial yang digunakan untuk berbagi foto yang dilengkapi dengan fitur editing foto, caption, serta hastag yang sedang populer. Berbeda dengan facebook yang dapat menulis post/status dengan karakter bebas (sesuai kebutuhan), twitter memberikan fasilitas bagi penggunanya untuk menuliskan tweet sebanyak 140 karakter, lebih singkat daripada media lainnya. Di twitter, kita juga dapat mengomentari tweet following kita yang selanjutkan ditulis dengan fungsi RT (@username). Kita juga dapat meng-upload foto di twitter yang biasa dikenal dengan istilah twitpic.

SUMBER:

Ardiyanto, Dimas. 2011. JENIS-JENIS KOMUNIKASI DI DUNIA MAYA. Diunduh di http://dhimaz-ardiand.blogspot.co.id/2011/11/macam-macam-interaksi-di-dunia-maya.html tanggal 25 September 2015
Effendi, Mukhtar. 2010. Peranan Internet Sebagai Media Komunikasi. Jurnal Dakwah dan Komunikasi. 4(1): 130-142
Fauzi, Akhmad. 2008. Pengantar Teknologi Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu
Gibson, William. 1984. Neuromancer. Amerika Serikat: Ace Books

Rusman, dkk. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Depok: PT RajaGrafindo Persada

1 komentar: